Buat mayoritas masyarakat yang mendiami megapolitan, berlibur adalah ritual yang wajib dilakukan rutin dalam jangka waktu tertentu. Para warga kelas pekerja pasti enggak akan mau melewatkan kesempatan liburnya, jatah cuti jangan sampai lolos pokoknya. Warga urban—yang saban hari harus bergelut dengan pekerjaan, kemacetan, dan hiruk pikuk kota mereka masing-masing—tentunya butuh sarana untuk melepas penat dan menyegarkan jiwanya agar tidak terkena penyakit jiwa. Nah, liburan pun menjadi salah satu obat yang paling manjur untuk “menyembuhkan” segala penyakit jiwa yang rentan menyerang warga urban di dunia.

Tips merencanakan liburan

Nah, biar ritual wajib penghilang suntuk alias liburan kamu ini sukses dan enggak malah bikin kamu bete, baiknya simak nih beberapa tips dari kami. Mudah-mudahan, kalau kamu lakukan beberapa hal di bawah ini, liburan kamu menjadi salah satu momen yang enggak bisa kamu lupain. Lagian, kalau kamu termasuk dalam golongan kelas pekerja, kamu pasti enggak mau cuti liburan kamu terbuang percuma gara-gara kurang persiapan dan perencanaan yang matang. Nih, buruan simak deh sebelum merencanakan liburan kamu!

1. Pastikan Transportasi Aman

Di era digital kayak sekarang, kamu seharusnya gampang banget untuk bisa beli tiket kereta, bus, atau pesawat. Ada beberapa situs penyedia jasa pembelian tiket online, salah satu yang kami sarankan adalah Traveloka. Misalnya nih ya, di Traveloka, kamu bisa membeli tiket pesawat ekonomi Sriwijaya Air dengan mudah dan praktis. Yang penting, kamu ada koneksi internet, urusan akomodasi kamu aman.

2. Tempat Singgah Harus Nyaman

Meskipun selama liburan kamu mungkin tidak akan menghabiskan banyak waktu di kamar hotel atau penginapan, tetapi kamu harus pastikan bahwa kamu berhasil mendapatkan tempat menginap yang nyaman. Tempat menginap yang nyaman adalah kunci dari liburan yang menyenangkan.

3. Cari Tahu Destinasi yang Akan Kamu Kunjungi

Sebelum berangkat ke tempat tujuan liburan, sebaiknya kamu melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan daftar destinasi yang akan kamu kunjungi. Misalnya, cari tahu lokasi-lokasi bersejarah dari suatu daerah, atau tempat-tempat dengan pemandangan yang indah yang akan membanggakan kalau kamu abadikan lalu dipos di Instagram. Kamu juga bisa saja cari tahu tempat wisata yang menyediakan kegiatan menarik dan unik, misalnya saja kebun binatang, atau tempat wisata yang menawarkan aktivitas olahraga—entah olahraga ekstrem, olahraga air, atau semacam olahraga outbond.

4. Seleksi Partner Liburanmu

Meskipun solo traveling alias bepergian tanpa partner—dengan alasan untuk mengenal diri sendiri lebih dalam atau pencarian jati diri—kerap dilakukan, bagi kami lebih asyik jika liburan diisi bersama dengan orang-orang terdekat. Orang-orang yang sangat kamu sayangi, bisa saja anggota keluarga, sahabat terdekat, pacar, atau pasangan hidup yang kamu ajak liburan bersama akan menambah kesan yang manis atau bahkan lucu dan tidak terlupakan seumur hidup.

5. Uang Adalah Kunci

Uang sengaja kami bahas terakhir, tetapi malah menjadi hal paling esensial dibanding yang lain. Sebelum kamu liburan, pastikan kamu punya cukup tabungan. Kita bicara soal tabungan kamu bukan hanya cukup untuk pergi berlibur. Namun, pastikan tabungan kamu masih cukup untuk bertahan hidup hingga kamu menyongsong tanggal gajian selanjutnya. Enggak lucu kan kalau kamu pulang liburan lalu enggak bisa makan tiga kali sehari.

Oke, mudah-mudahan beberapa bahasan di atas bisa menginspirasi kamu untuk mewujudkan liburan yang paripurna. Semoga liburan yang kamu idamkan dapat terlaksana!